Diklat Lapang dan Pelantikan Anggota Baru

Korp Sukarela sebagai ujung tombak kegiatan Palang Merah Indonesia, menjadi kunci utama setiap kegiatan yang ada bukan lagi suatu kegiatan yang dapat dipandang sebelah mata saja. Namun perlu dicermati dan perlu menjadi perhatian khusus. Kita bisa membayangkan bagaimana tidak, dimasa-masaseperti saat ini dimana tuntutan ekonomi semakin tinggi, ternyata masih ada manusia-manusia mulia yang mau merelakan waktu muda mereka untuk menjadi seorang relawan. Tanpa gaji tanpa bayaran, tidur hanya beralaskan tikar ada matras itu sudah mewah. Lebih untung jika dikirim pelatihan wah itu suatu hal yang VIP. Kebanyakan orang pasti akan berfikir 1000 sampai 1 juta kali untuk masuk menjadi KSR tapi bagi mereka yang telah bergabung menjadi anggota KSR itu merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga dan tidak ada hal yang dapat menggantikannya dan akan tetap menjadi kebanggaan bagi diri mereka sendiri.

23 sampai dengan 24 Agustus 2008 yang lalu 8 orang calon anggota KSR (Korps Sukarela) PMI Cabang Bantul telah terlantik menjadi anggota Korps Sukarela PMI Cabang Bantul, mengikuti ke dua puluh lima rekan-rekan mereka yang telah terlantik sebelumnya yaitu bertempat du Gunung Sempu. Selama menjalani masa pelatihan, mereka mendapatkan materi-materi dasar KSR yang berkaitan dengan kegiatan mereka di lingkunga Palang Merah Indonesia. Materi-materi yang mereka dapatkan antara lain HPI (Hukum Perikemanusiaan Internasional), Kepalang Merahan, Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga, Dapur Umum, Psikososial Support dan materi-materi yang lain. Tahapan-tahapan dalam diklat KSR PMI Cabang Bantul yang telah dilalui ialah masa orientasi Kepalang Merahan, diklat ruang, magang, diklat lapangan dan dilanjutkan dengan pelantikan. Sistem diklat semacam ini merupakan model baru dilingku PMI Cabang Bantul, karena diawali dengan adanya Orientasi Kepalang Merahan terlebih dahulu, dan juga pada saat diklat lapangan calon anggota mengadakan sosialisasi kepada warga yang ada disekitar base camp diklat lapangan. Dengan adanya sistem atau model diklat yang baru ini diharapkan selain calon anggota menguasai materi dapat juga sebagai sarana men-diseminasi-kan Palang Merah Indonesia Kapada masyarakat. Dengan bertambahnya anggota baru diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Palang Merah Indonesia kepada masyarakat(Kominfo PMI Cabang Bantul)

2 Tanggapan

  1. pesertane diklat do neng ngendi

  2. mat berkarya tambah maju aja PMI Bantul kami mantan KSR 87 masih ikut memantau meskipun dari seberang pulau ingin melihat kemajuan kota kelahiran selamat bekerja semoga sukses selalu

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: