SIBAT Poncosari Melakukan Base Line Survey dan Mapping Wilayah

 Bantul, SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul melaksanakan Mapping wilayah Poncosari dan Base Line Survey. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 10 sampai dengan 13 Januari 2011. Kegiatan mapping wilayah, sebanyak 10 orang anggota SIBAT melakukan pemetaan dengan menggunakan GPS (Global Positioning System) untuk membuat batas wilayah serta membuat titik-titik penting di wilayah Poncosari. Sedangkan untuk kegiatan baseline survey sebanyak 17 orang anggota SIBAT berpartisipasi dalam kegiatan ini. Awal Mujandono angota SIBAT Poncosari menjelaskan “Baseline survey maupun mapping wilayah ini dilakukan untuk mengetahui hasil dari baseline survey dan mapping wilayah yang dilakukan satu tahun sebelumnya 2010, yaitu untuk mengetahui adanya peningkatan atau penurunan yang didapat pada kegiatan yang sama sebelumnya. Selain itu, kegiatan ini adalah untuk melatih anggota SIBAT yang baru, untuk dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama mengikuti pelatihan-pelatihan sebelumnya”.
Kegiatan yang dilaksanakan SIBAT Poncosari ini didampingi oleh PMI Kabupaten Bantul dengan dukungan dari Palang Merah Denmark yang masih melaksanakan kegiatan di wilayah Bantul dengan program ICBRR (Integrated Community Based and Risk Reduction) yang sudah berjalan selama kurang lebih tiga tahun. Untuk mendukung kesadaran masayarakat tentang bencana kesiapsagaan dan tanggap darurat, Palang Merah Indonesia Kabupaten Bantul didukung Palang Merah Denmark juga melengkapi SIBAT Poncosari dengan peralatan-peralatan pendukung yang dapat digunakan baik masa damai maupun apabila terjadi bencana. Dan diharapkan apabila terjadi suatu kejadian bencana masyarakat sudah siap, peralatan ini juga sudah diuji cobakan untuk digunakan dalam kegiatan Baseline Survey dan mapping dengan melakukan komuniikasi dengan menggunakan HT (Handy Talky).
Sedangkan Rabu (11/1) Bapak Taslim, pengurus PMI Provinsi DI Yogyakarta bidang Bencana meninjau kegiatan yang dilaksanakan SIBAT Poncosari dan melakukan pengecekan peralatan yang diterima SIBAT Poncosari. Pengurus PMI Provinsi DI Yogyakarta menyampaikan supaya peralatan yang dimiliki SIBAT Poncosari ini selain diperuntukkan dalam mempersiapkan diri apabila bencana terjadi, namun juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan anggota SIBAT dengan pengelolaan yang baik.

(Dok. Foto PMI Kabupaten Bantul)

2 Tanggapan

  1. bagus2 ..lanjutkan..

  2. Motore sing keren…….

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: