Musyawarah Anggota Korps Sukarela dan Tenaga Sukarela

Semarak kemeriahan tahun Relawan Palang Merah Indonesia di tahun 2011 ini, mulai nampak di berbagai daerah, yaitu dengan munculnya berbagai berita tentang kegiatan PMI dari berbagai wilayah. Seperti telah dicanangkan oleh PMI Pusat, PMI Kabupaten Bantul mengawali tahun Relawan ini dengan melaksanakan Musyawarah Anggota Korps Sukarela dan Tenaga Sukarela PMI Kabupaten Bantul. Tahun 2011 ini dijadikan sebuah moment untuk meningkatkan kapasitas relawan-relawan PMI untuk mendukung visi PMI yaitu mewujudkan PMI sebagai Organisasi Kemanusiaan yang profesional, tanggap dan dicintai masyarakat.

Melalui Musyawarah Tenaga Sukarela (30/1/11), anggota Tenaga Sukareala (TSR) PMI Kabupaten Bantul diharapkan dapat lebih tertata dan terarah. Dan menjadikan relawan-relawan didalamnya menjadi pelaksana pelayanan kepalangmerahan di PMI Kabupaten Bantul. Dalam musyawarah ini, membahas tentang tata organisasi dan arah kebijakan program dalam mengorganisisr anggota, serta memilih kepengurusan yang akan mengkoordinir anggota TSR PMI Kabupaten Bantul. Kurang lebih 50 orang dengan berbagai profesi sebagai anggota TSR PMI Kabupaten Bantul tentunya memiliki kemampuan yang dapat menunjang kegiatan pelayanan PMI Kabupaten Bantul. Wakil Ketua PMI Kabupaten Bantul H. Tohayadi, Bc. HK dalam sambutannya menyampaikan “anggota PMI harus belajar untuk berdisiplin waktu, karena dengan berdisiplin waktu merupakan kunci keberhasilan dalam melaksanakan suatu kegiatan, serta untuk seluruh kegiatan PMI harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, karena dana yang digunakan PMI merupakan dana dari masyarakat”.

Sementara Korps Sukarela PMI melalui Musyawarah Anggota (5-6/2/2011) yang dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sewon, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. Musyawarah Anggota ini, dilaksanakan untuk mengevaluasi 1 periode kepengurusan yang telah habis masa tugasnya. Selain itu dalam musyawarah anggota ini juga menghasilkan keputusan tentang Kode Etik KSR PMI Kabupaten Bantul, Garis Besar Kegiatan KSR, Pelatihan dan Pengembangan organisasi serta memilih Komandan KSR dan Kepengurusan periode 2011 – 2014. Ketua PMI Kabupaten Bantul M. Wirmon Samawi, SE, MIB dalam penutupan Musyawarah Anggota KSR PMI Kabupaten Bantul menyampaikan “PMI Kabupaten Bantul merupakan salah satu PMI yang memiliki anggota yang cukup banyak, dengan banyaknya anggota berbagai permasalahan pasti akan ada. Namun, suatu organisasi yang besar justru akan semakin maju apabila dapat mengambil hikmah dan mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada. Hal ini menunjukkan bahwa anggota memiliki semangat untuk maju dan dengan Musyawarah Anggota, menunjukkan bahwa didalam PMI juga mengandung nilai-nilai demokratis yang dapat memajukan sebuah organisasi”

 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Wahyu Nurwasi Rofiah Sakti Staf Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia PMI Kabupaten Bantul, 0818521775

Satu Tanggapan

  1. Ayo …. !! apapun tantangannya, niatkan dg tulus. salam kemanusiaan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: