Pemerintah Daerah Bantul Melawat ke Mabes PMI Pusat

Bantul, (13/2/2011) Bupati Bantul Hj. Sri Suryawidati melepas pemberangkatan kunjungan kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul ke Tangerang dan Markas Besar Palang Merah Indonesia di Jakarta. Pelepasan dilakukan di Pendopo Parasamya Kabupaten Bantul Minggu (13/2/2011) pukul 07.30 wib, kunjungan kerja ini diikuti oleh seluruh Dinas yang ada di Kabupaten Bantul. Kunjungan kerja ini menggunakan jalur darat yaitu menggunakan 2 bus, yang dijadwalkan hari ini sudah sampai di Jakarta. Dalam kunjungan kerja ini Pemda Bantul secara khusus akan mengunjungi Markas Besar Palang Merah Indonesia yang ada di Jakarta. Sebanyak 11 orang perwakilan PMI Kabupaten Bantul (yang terdiri dari Pengurus, Staf dan Relawan) menyertai dalam kunjungan ke Mabes PMI.

Dalam kunjungan kerja ini Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul akan memberikan penghargaan kepada Palang Merah Indonesia yang telah membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul serta masyarakat Bantul pada saat terjadi Gempa 27 Mei 2006 yang lalu hingga masa recovery dan rehabilitasi. Program-program yang dilaksanakan selama tanggap darurat di Kabupaten Bantul antara lain pendirian rumah sakit lapangan, fisioterapi dan rehab medic, evakuasi, dapur umum, pemberian bantuan reliefe, pemulihan hubungan keluarga, layanan air dan sanitasi serta dukungan psikososial untuk penyintas Gempa Bumi. Tidak hanya itu, sampai dengan saat ini program kesiapsiagaan yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia untuk menjadikan masyarakat Bantul menjadi “kuat” juga masih dilaksanakan, yaitu diwilayah Poncosari, Kecamatan Srandakan Kab. Bantul. Kurang lebih 30 orang anggota masyarakat telah direkrut menjadi anggota SIBAT PMI Kabupaten bantul. Desa Poncosari merupakan desa mitra PMI yang diharapkan kedepannya dapat dijadikan percontohan bagi wilayah yang lain dalam membangun kesiapsiagan bencana di masyarakat.

 

foto  Anggun Permana Sidik doc. PMI Pusat

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Wahyu Nurwasi Rofiah Sakti Staf Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia PMI Kabupaten Bantul, 0818521775

%d blogger menyukai ini: