Orientasi Kepalangmerahan Pengurus Kecamatan

Bantul, (23/2/2011) Palang Merah Indonesia Kabupaten Bantul melaksanakan Orientasi Kepalangmerahan bagi Pengurus Kecamatan Palang Merah Indonesia. Kegiatan Orientasi ini bertempat di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sewon. Kegiatan ini merupakan rencana kerja yang wajib dilaksanakan setelah terbentuknya suatu kepengurusan di berbagai tingkatan PMI, termasuk untuk Pengurus Kecamatan. Kegiatan orientasi ini dilaksanakan selama 2 hari, 22 sampai 23 Februari 2011. Selama 2 hari, pengurus kecamatan se-Bantul mendapatkan materi tentang kepalangmerahan, mulai dari sejarah, lambang, komponen, HPI, Safer Access serta tentang fungsi dan tugas Pengurus Kecamatan.

Selama mengikuti orientasi ini pengurus kecamatan cukup antusias dalam menyimak materi yang diberikan. Begitu juga dalam sesi tanya jawab, salah satu perwakilan pengurus kecamatan menyatakan bahwa diseminasi kepalangmerahan yang dilakukan Palang Merah Indonesia sebaiknya ditingkatkan. Karena sebagian masyarakat belum faham tentang Palang Merah Indonesia, sebagian masyarakat masih beranggapan PMI merupakan bagian dari Pemerintah, bagian dari PBB dan ada juga yang beranggapan bahwa PMI merupakan bagian dari Partai atau agama tertentu. Selain itu sebagian masyarakat masih beranggapan tugas PMI berkaitan dengan donor darah saja dan jual beli darah.

Wakil Ketua PMI Kabupaten Bantul H. Tohayadi, Bc,HK dalam Orientasi menjelaskan bahwa “penyebarluasan informasi berkaitan dengan kegiatan Palang Merah Indonesia merupakan tugas kita bersama sebagai warga Palang Merah. Tidak hanya tentang tugas Palang Merah saja seperti donor darah dan pertolongan pertama, tetapi juga terkait dengan Hukum Perikemanusiaan Internasional dan tentang informasi kebencanaan. Dan diharapkan dengan bekal orientasi kepalangmerahan yang dilaksanakan, pengurus kecamatan dapat membuat kegiatan yang berdasar sesuai dengan 7 prinsip gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional dan semakin mendekatkan PMI dengan masyarakat”.

Doc. Foto : Aka

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Wahyu Nurwasi Rofiah Sakti Staf Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia PMI Kabupaten Bantul, 0818521775

%d blogger menyukai ini: