Mukernas 2011 PMI: Bertindak Cepat, Tepat Sasaran

Palang Merah Indonesia (PMI) menyelenggarakan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) 2011 di Surakarta Jawa Tengah dengan agenda utama evaluasi program 2010 dan rencana strategis tahun 2011 dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kemanusiaan yang tertuang di setiap program kerja PMI. Kegiatan sepanjang tanggal 24-27 Februari 2011 ini bertemakan “Bertindak Cepat, Tepat Sasaran” disesuaikan dengan upaya PMI untuk menjadi organisasi dengan pelayanan kemanusiaan yang cepat dan tepat sasaran untuk membantu masyarakat rentan.

“Evaluasi selalu dibutuhkan untuk tingkatkan kinerja dan kualitas layanan PMI kepada masyarakat. PMI selalu berupaya untuk menjadi yang tercepat dan selalu tepat sasaran di setiap kegiatan kemanusiaannya. Dalam Mukernas ini kita akan mengevaluasi kinerja dan sejauh mana peranannya dalam masyarakat, sekaligus merencanakan strategi program kerja PMI ke depan agar dapat mencapai target tersebut,” kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla.

PMI sejauh ini berupaya melakukan upaya cepat sekaligus tepat sasaran dalam setiap kerja kemanusiaannya. Sejumlah terobosan juga dilakukan PMI, seperti menggagas pengumpulan darah melalui Gerai Unit Donor Darah yang dibuka di sejumlah pusat perbelanjaan dan kampus di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan darah nasional. Saat kerusuhan Koja Tanjung Priok Jakarta Utara, PMI membentuk tim investigasi kemanusiaan untuk membantu pemerintah daerah menyelesaikan konflik yang terjadi. Kerja kemanusiaan PMI tentunya tidak lepas dari upayanya membantu masyarakat rentan sebagai target utama masyarakat penerima bantuan.

Usai acara pembukaan Mukernas PMI, kepada para wartawan dari berbagai media, Jusuf Kalla juga menyampaikan, “Untuk lebih memudahkan jangkauan layanan PMI ke berbagai daerah, akan dipilih sekitar enam zona daerah.”

Enam zona lokasi tersebut adalah wilayah dengan kualifikasi yang memiliki kemudahan jangkauan berbagai moda transportasi, mulai dari jalur laut, udara, dan darat. Tujuannya, agar jalur distribusi bantuan dan berbagai layanan PMI bisa sampai dalam waktu yang cepat kepada masyarakat yang membutuhkan. Direncanakan, enam zona tersebut diantaranya adalah wilayah barat dan timur Pulau Jawa, wilayah barat dan utara Pulau Sumatera, wilayah selatan Sulawesi, dan wilayah timur Kalimantan.

Dalam acara Mukernas PMI ke-2, periode 2009-2014, tidak kurang dari 200 orang jajaran pengurus maupun staf PMI di seluruh Indonesia akan terlibat bersama dengan perwakilan Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC), Komite Palang Merah Internasional (ICRC), dan 13 Palang Merah negara sahabat (Palang Merah Kanada, Amerika, Spanyol, Jerman, Norwegia, Australia, Belgia, Perancis, Italia, Denmark, Belanda, Jepang, dan Hongkong).*

(Dok. Foto Oleh Rahmad Arif, Staf Divisi Relawan Markas Pusat PMI)

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Kepala Biro Humas Markas Pusat PMI, Exkuwin Suharyanto, Hp. 0812 9658 624. Kontak Media: Riki Mirzam, Humas PMI Kota Solo, Hp. 0856 282 8084.

http://pmi.or.id/ina/news/?act=detail&p_id=679

%d blogger menyukai ini: