Dukungan Psikososial di PMI Pusat

Markas Pusat PMI memberikan layanan dukungan psikososial kepada seluruh karyawannya, sepanjang 28 Februari hingga 2 Maret 2011. Upaya ini dilakukan dengan tujuan untuk lebih mempererat jalinan komunikasi antar karyawan, saling berbagi, dan saling mendukung dalam hal peningkatan kinerja.

“Kegiatan ini berjalan atas inisiatif Biro Kepegawaian dan Divisi Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat Markas Pusat PMI. Perubahan kepengurusan, juga menyebabkan adanya perubahan yang bersifat manajerial, termasuk didalamnya perubahan struktur pegawai. Berbagai reaksi muncul dari sebagian besar staf PMI Pusat, baik itu perasaan senang, sedih, cemas maupun perasaan bingung akibat perubahan struktur yang ada,” ujar Kasubdiv bidang Dukungan Psikososial (PSP) dan Pelayanan Sosial, Divisi Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat Markas Pusat PMI, Leo Pattiasina saat sesi sedang berlangsung di Markas Pusat PMI, Jalan Gatot Subroto Kav. 96, Jakarta, Selasa (1/3/2011).

Ia menjelaskan bahwa reaksi-reaksi tersebut dapat menimbulkan dampak yang bermacam-macam, baik positif maupun negatif. Dampak negatif yang muncul setelah proses restrukturisasi lebih pada penurunan motivasi kerja, masalah hubungan interpersonal antar staf, hingga penurunan rasa keberhargaan diri. Jika tidak diatasi dengan baik secara personal, dapat berdampak kepada kinerja para staf PMI Pusat.

Kegiatan ini merupakan suatu upaya untuk saling memberikan dukungan sosial psikologis antar sesama staf PMI. Sebuah pendekatan psikososial yang berupa sesi dukungan kelompok dipilih untuk memfasilitasi proses adaptasi para staf PMI Pusat dalam menjalani kondisi ataupun situasi kerja yang baru.

“Secara teori, kegiatan ini juga sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Marcelissen (1987, dalam Schaufeli, Maslach & Marek, 1993) yang menyatakan bahwa dukungan sosial juga diupayakan bagi pekerja bidang pelayanan sosial dengan tujuan untuk menghindarkan pekerja dari stres karena pekerjaan,” tambahnya.

Proses kegiatan ini dilaksanakan perkelompok, dengan dasar pemilihan kelompok sesuai dengan pengelompokan jabatan yang terdiri dari kelompok kadiv, kabiro, kepala unit, kelompok subdiv/ kabag/ kasub unit, dan kelompok staf. Tiap kelompok terdiri dari 10-15 orang dengan durasi waktu dukungan kelompok selama kurang lebih 180 menit per kelompok.*

(Dok. Foto Oleh Ayu N. Andini, Biro Humas Markas Pusat PMI)

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Leo Pattiasina, Kasubdiv Dukungan Psikososial (PSP) dan Pelayanan Sosial Divisi Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat Markas Pusat PMI, Telp. 021-7992325 Ext.306.

Sumber : http://pmi.or.id/ina/news/?act=detail&p_id=683

%d blogger menyukai ini: