Palang Merah Remaja Belajar Pengolahan Air

Bantul, (6/3/2011) Sebanyak 35 orang anggota madya, Palang Merah Remaja (PMR) SMPN 2 Srandakan, Bantul mengikuti serangkaian kegiatan pelantikan anggota baru. Dalam kegiatan ini anggota-anggota yang baru bergabung tersebut belajar lebih dalam tentang pertolongan pertama, kepemimpinan dan melakukan kunjungan ke posko Watsan PMI yang ada di Turi, Sleman. Materi yang didapat selama pembekalan 3 bulan sebelumnya merupakan 7 materi dasar yang wajib diperoleh oleh anggota PMR sebelum pelantikan, yaitu Pertolongan Pertama, Kepemimpinan, Gerakan Palang Merah, Donor darah, Perawatan Keluarga, Pendidikan Remaja Sebaya dan Kesiapsiagaan Bencana. Rangkaian kegiatan pelantikan ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu dari tanggal 5 – 6 Maret 2011, dilaksanakan di Sekolah untuk pendalaman materi teori serta berakhir di Kaliurang, Sleman untuk kegiatan kunjungan lapangan.

Selama berada di posko Watsan PMI yang ada di Turi, Relawan Remaja/Palang Merah Remaja (PMR) ini belajar tentang tugas-tugas tim Watsan (Water and Sanitation/Sanitasi dan air) dan kegiatannya selama bertugas di Sleman, yang tentunya terkait dengan operasi Merapi. Selama berada di posko Watsan, anggota PMR ini mendapatkan materi teori tersebut dan melakukan praktek pengolahan air, dengan penuh serius anggota PMR ini menyimak penjelasan yang diberikan. Aggota tim Watsan Fertidiyanto menjelaskan “proses pengolahan air yang dilakukan oleh Tim Watsan PMI dilakukan dengan mengambil air yang berasal dari sungai dan mengolahnya menjadi air bersih, yaitu dengan proses penampungan atau pengendapan, pengolahan, dan distribusi. Untuk menjaga kualitas air, PMI akan selalu melakukan pengecekan sebelum air-air itu didistribusikan ke masyarakat yang membutuhkan”.

Pelatih PMR SMPN 2 Srandakan Latifah menjelaskan “Palang Merah Remaja merupakan generasi penerus PMI, pembinaan dan pelatihan merupakan kewajiban bersama dan semakin dekatnya PMR dengan PMI dan tahu tugas-tugas kemanusiaan yang dilakukan PMI, tentu akan memupuk jiwa sosial dan kemanusiaan. Beruntung sekali apabila anggota PMR dapat belajar langsung cara pengolahan air, karena tidak setiap saat dapat belajar dan melihat secara langsung Tim Watsan PMI”.

Doc. Poto Aka

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Aka Lukluk Firmansyah Staf Infokom PMI Kabupaten Bantul, 085743229784

%d blogger menyukai ini: