PMI Kabupaten Bantul Melaksanakan Musyawarah Kerja Kabupaten

Bantul (9/3/2011) Palang Merah Indonesia Kabupaten Bantul melaksanakan Musyawarah Kerja Kabupaten (MusKerKab) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Bantul. Dalam acara pembukaan MusKerKab sekaligus di serahterimakan juga Bulan Dana PMI 2010 dari Panitia Bulan Dana. Bulan Dana tahun 2010 ini terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya sebanyak 2 kali lipat. Total Bulan Dana yang diperoleh PMI Kabupaten Bantul Rp.260.776.800,00 keberhasilan yang didapat ini merupakan hasil kerjasama antara pemerintah, masyarakat dan PMI. Acara pembukaan Muskerkab dan penyerahan bulan dana PMI dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul Drs. H. Sumarno Prs, Ketua PMI provinsi DIY dr. Bondan Agus Suryanto SE MA AKK, Pejabat terkait, Pengurus PMI Kecamatan se-Kabupaten Bantul serta perwakilan Relawan.

Dalam sambutannya Ketua PMI DIY dr. Bondan Agus Suryanto, SE, MA, AKK menyampaikan “MusKerKab merupakan forum resmi PMI dalam mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan selama satu tahun sebelumnya dan berguna untuk merancang kegiatan PMI selama satu tahun kedepannya. Selain itu PMI hendaknya dapat melaksanakan prinsip Kemandirian, yaitu tidak selalu bergantung pada pemerintah atau donatur, namun PMI kedepannya diharapkan memiliki usaha atau unit mandiri yang dapat digunakan sebagai fund rising (sumber dana) PMI. Yang perlu manjadi catatan adalah setiap unit usaha yang dilakukan adalah tidak bertentangan dengan Prinsip-prinsip Dasar Organisasi”.

Selama tahun 2010 beberapa kegiatan berkaitan dengan bidang Pengembangan Organisasi, Pelayanan Sosial dan Kesehatan serta Bidang Informasi dan Komunikasi PMI Kabupaten Bantul tidak dapat berjalan, hal ini terkait dengan beberapa agenda yang sudah di rencanakan tersebut bersamaan dengan operasi Merapi. Selain itu, dalam hal menejemen organisasi perlu di benahi, karena pengawasan berkaitan dengan penggunaan dana PMI sangatlah kurang. Ketua PMI Kabupaten Bantul M. Wirmon Samawi, SE, MIB dalam laporan tahunan menyampaikan “PMI adalah organisasi yang besar dan gerakan Palang Merah sudah diakui secara Internasional. Sehingga PMI Kabupaten Bantul hendaknya juga mulai membenahi diri mulai dari dalam. Seluruh komponen yang ada di PMI merupakan satu kesatuan, mulai dari Pengurus, Relawan, Staf dan Unit Donor Darah (UDD) berada dalam satu bendera yang sama yaitu PMI. Sehingga jangan sampai hanya karena permasalahan sepele setiap komponen yang ada saling menjatuhkan. Apabila ada suatu perbedaan hendaknya dapat diselesaikan secara kekeluargaan, namun apabila sudah tidak dapat ditemukan jalan keluar, sebaiknya ditempuh jalur hukum”.

 

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Aka Lukluk F Staf Infokom PMI Kabupaten Bantul Hp. 085743229784

%d blogger menyukai ini: