Rekening PMI dan Layanan RFL Untuk Bantu Jepang

PMI telah umumkan rekening resmi untuk membantu korban bencana tsunami Jepang. Masyarakat dapat menyalurkan bantuannya melalui rekening PMI untuk donasi korban bencana gempa dan tsunami di Jepang ke: Bank Mandiri KCP Jakarta Krakatau Steel, nomor rekening 070-00-0480433-7, atas nama Palang Merah Indonesia-Jepang, dengan swift code: BMRIIDJA.

Sekretaris Jenderal PMI Budi A. Adiputro di Markas Pusat PMI, Senin (14/3/2011) menjelaskan, Pemerintah Jepang menunjuk Perhimpunan Nasional (palang merah atau bulan sabit merah) masing-masing negara. Dalam hal ini, PMI sebagai satu-satunya organisasi untuk menerima bantuan berupa dana dari masyarakat, lembaga, institusi atau pihak manapun.

“PMI ditunjuk sebagai organisasi satu-satunya untuk membuka rekening khusus bagi masyarakat Indonesia yang ingin membantu para korban gempa dan tsunami di Jepang,” kata Sekretaris Jenderal PMI, Budi A. Adiputro

Ia menambahkan,sampai saat ini PMI baru dapat menerima bantuan dana dan bukan bantuan berupa barang. Direncanakan, PMI secepatnya akan membuat rekening lainnya untuk lebih memudahkan masyarakat yang ingin membantu.

Selain itu, posko layanan RFL (Restoring Family Links) di Markas Pusat PMI juga sudah menerima laporan masyarakat yang mencari kabar keluarganya di Jepang. Senin (14/3/2011), ada dua orang warga Jakarta yang menghubungi nomor layanan RFL di Markas Pusat PMI, Jakarta. Mereka menyampaikan bahwa belum bisa menghubungi anggota keluarganya di Jepang.

“PMI secepatnya mengkonfirmasikan data tersebut melalui dua jalur. Pertama, disampaikan langsung ke Kedutaan Besar RI di Jepang. Kedua, disampaikan ke jalur internasional melalui website khusus layanan RFL yang dikeluarkan resmi oleh Komite Palang Merah Internasional (International Committee of Red Cross/ICRC) yaitu http://www.familylinks.icrc.org . Dengan cara ini diharapkan, seluruh data bisa disebarkan dan dikonfirmasi lebih cepat,” jelas Umi Alfiyah, relawan PMI spesialis layanan RFL, di Markas Pusat PMI, Jakarta, Senin sore (14/3/2011).

Layanan RFL dari PMI dibuka di jalur telepon di: 021-7992325 Ext. 678. Bagi seluruh masyarakat Indonesia yang membutuhkan bantuan mencari kabar keluarganya di Jepang, dapat menghubungi nomor tersebut dan menyampaikan beberapa data yang dibutuhkan, diantaranya identitas lengkap personal yang dicari, termasuk nama ayah dan ibunya, berapa usianya, dan alamat lengkap terakhir.*

(Foto Oleh Toshirharu Kato, personil Palang Merah Jepang–dari flickr/ifrc Online)

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Exkuwin Suharyanto, Hp. 0812 965 8624 .

sumber : http://pmi.or.id/ina/news/?act=detail&p_id=696

%d blogger menyukai ini: