Tiga Belas Negara Ikuti Pelatihan di Pusat Air dan Sanitasi Darurat PMI

PMI bersama International Federation of Red Cross and Red Crescent (IFRC) menggelar kegiatan pelatihan bidang air dan sanitasi se-Asia Pasifik, sepanjang 4-9 April 2011 di Pusat Air dan Sanitasi Darurat PMI, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Acara ini diikuti oleh 13 negara peserta termasuk didalamnya Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura, Vietnam, Myanmar, Laos, Kamboja, Jepang, Timor Leste, Pakistan, dan India.

Mereka yang menjadi peserta adalah relawan dan staf  dari beberapa latarbelakang keahlian, diantaranya, dari bidang kesehatan, bidang respon darurat penanggulangan bencana, dan khusus dari bidang kebutuhan air dan sanitasi. Sekaligus merupakan anggota Regional Disaster Response Team (RDRT) Zona Asia Pasifik yang merupakan bagian dari Emergency Response Unit (ERU) IFRC yang berpusat di Jenewa.

“Pelatihan khusus bidang air dan sanitasi (water and sanitation) ini, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tim respon darurat kebutuhan air dan sanitasi di lokasi bencana. Selain itu, mereka juga akan menjadi penanggungjawab assessment dan pemberi rekomendasi detail tentang langkah dan tindakan apa yang harus dilakukan sesuai kebutuhan di lokasi bencana,” ujar Kathryn Clarkson, selaku koordinator fasilitator pelatihan bidang air dan sanitasi sekaligus sebagai delegasi IFRC dari Kuala Lumpur, Senin (4/4/2011) di Jatinangor, Sumedang.

Kegiatan pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Sekjen PMI Budi A. Adiputro, Senin (4/4/2011), di Gedung Pusat Air dan Sanitasi Darurat PMI, Jatinangor, Sumedang. Dalam pidato sambutannya ia menyampaikan, “Terima kasih atas dukungan IFRC untuk kegiatan ini. Kepada seluruh peserta yang mewakili negaranya masing-masing, selamat mengikuti pelatihan ini. Semoga menjadi bekal yang sangat berguna untuk dibawa dan disebarluaskan di negaranya masing-masing.”

Pelatihan ini merupakan pelatihan yang ke-3 yang digelar, pertama diadakan di Manila pada bulan Desember 2008 lalu, dan yang ke-2 diselenggarakan di Bandung pada November 2009 lalu. Para fasilitator pelatihan, selain dari Indonesia juga hadir Frank Kueppers dari Palang Merah Jerman, Alexandra dari IFRC, dan Suvapa Hongsiriwon sebagai delegasi IFRC khusus bidang air dan sanitasi. Turut hadir dalam acara pembukaan pelatihan ini, Ketua Delegasi IFRC untuk Indonesia Philip Charlesworth, Pengurus Pusat PMI Bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat  dr. Linda Lukitari Waseso, dan Kepala Markas PMI Jawa Barat Deny Chandrasah.

 

Kegiatan ini terselenggara dengan dukungan dari Palang Merah Spanyol, Palang Merah Australia, Komite Internasional Palang Merah (ICRC), RDRT Zona Asia Pasifik, dan PMI.*

(Dok. Foto Oleh Ayu N. Andini, Biro Humas Markas Pusat PMI)

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Koordinator Bidang Air dan Sanitasi Darurat PMI Pusat, Fajar Sumirat, Hp 081387150687.

http://pmi.or.id/ina/news/?act=detail&p_id=711

%d blogger menyukai ini: