Klinik Hemodialisa Golden di PMI DI Yogyakarta

PMI DI Yogyakarta kini mempunyai Poliklinik Hemodialisa Golden khusus untuk cuci darah bagi pasien yang mengalami gangguan ginjal. Peresmian Poliklinik Hemodialisa Golden dilakukan langsung oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kalla di Markas PMI DIY Jalan Lingkar Barat, Gamping, Sleman, Senin (16/5/2011).

Jusuf Kalla mengemukakan, ada tiga tugas utama PMI, yakni transfusi darah, penanganan bencana dan usaha sosial. Dalam tugas transfusi darah, PMI akan meningkatkan kualitas dan sarananya seperti mendirikan laboratorium di Yogya. Dalam penanganan bencana, PMI tidak menghendaki adanya bencana alam, apalagi bencana yang mengakibatkan kesengsaraan rakyat. Tetapi jika terjadi bencana sewaktu-waktu PMI siap melakukan penanganannya atau pertolongan terhadap korban bencana.

PMI juga memberika layanan kesehatan untuk masyarakat umum, di antaranya melalui layanan Poliklinik, rumah sakit, atau sarana kesehatan lainnya. Seperti PMI DIY saat ini sudah mempunyai Poliklinik khusus cuci darah.”Layanan ini adalah salah satu tugas PMI untuk sosial kemasyarakatan,” tegasnya.

Menanggapi hal ini, Ketua PMI DIY dr Bondan Agus Suryanto menyampaikan bahwa Poliklinik Hemodialisa Golden PMI DIY dibangun dengan kerja sama PMI DIY dengan PT. Golden. Poliklinik ini merupakan satu-satunya poliklinik untuk cuci darah yang dibangun di luar rumah sakit di DIY. Diharap keberadaan Poliklinik ini akan membantu masyarakat kurang mampu. Bahkan setiap bulannya nanti akan diberlakukan pengobatan gratis untuk seorang pasien kurang mampu. Saat ini alat pencuci darahnya tersedia 4 unit, tetapi dalam waktu tidak lama akan ditambah sampai 20 unit.

Hadir dalam peresmian tersebut Walikota Yogya H. Herry Zudianto, Bupati Sleman Sri Purnomo dan sejumlah pejabat terkait se-DIY.

Dalam kesempatan yang sama, PMI Kabupaten Bantul menyerahkan bantuan untuk korban bencana Jepang yang dikumpulkan dari PNS Kabupaten Bantul sebesar Rp 100 juta. Sumbangan diserahkan Ketua PMI Bantul H Wirmon Samawi SE, kepada Ketua PMI Pusat. Juga diserahkan Penghargaan kepada Relawan PMI DIY untuk katagori umum, pengurus, relawan, pengurus maupun donor darah.*

(Foto Kantong Darah dari PMI)

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Talchah Hamied , Humas Markas PMI DI Yogyakarta, Hp. 081904110506.

%d blogger menyukai ini: