Bhakti Sosial dan Donor Darah Massal Dalam rangka Peringatan Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional ke-148

Palang Merah Indonesia Kabupaten Bantul dalam peringatan HUT Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional ke-148 yang diperingati sabtu 21/5/11, melaksanakan bakti sosial dan donor darah massal. Untuk Kegiatan bakti sosial dilaksanakan dalam bentuk pengobatan gratis bagi warga masyarakat yang memerlukan bantuan kesehatan. Sebanyak 77 warga masyarakat dari lingkungan sekitar Markas Palang Merah Indonesia Kabupaten Bantul berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial ini. Dari diagnosa yang dilakukan oleh petugas medis PMI, kebanyakan kasus yang ditemukan adalah Mialgia.

Selain bakti sosial, kegiatan lain yang dilaksanakan adalah donor darah massal yang bertempat di Markas PMI Kabupaten Bantul. Sebanyak 105 pendaftar ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, namun dari sekian banyak calon pedonor, yang dapat diambil 70 pedonor saja. Berdasarkan hasil pengecekan, rata-rata calon pedonor yang tidak dapat diambil darahnya yaitu HB yang belum sesuai dengan standar (masih dibawah 12), tekanan darah yang belum sesuai dengan standar yang dianjurkan, kurang dari 80 hari pengambilan darah, ataupun bagi wanita masih dalam masa menstruasi. Meskipun demikian antusias warga masyarakat untuk ikut dalam proses donor darah sangat menggembirakan. Peserta kegiatan donor darah massal, berasal dari berbagai kalangan, yaitu TNI, Polri, Komunitas Radio Komunikasi “Sergap”, Institusi pemerintah, perwakilan partai, warga masyarakat, Relawan PMI dan Staf, dan tentu saja tak ketinggalan Pengurus PMI Kabupaten Bantul pun ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Aksi donor darah kali ini selain dimeriahkan oleh artis lokal, juga di sediakan doorprise bagi pedonor yang berhasil diambil darahnya serta souvenir bagi masyarakat yang berobat dalam aksi bakti sosial.

Wakil Ketua PMI Kabupaten Bantul H. Tohayadi, BcHK , dalam sambutannya menyampaikan “kegiatan bakti sosial dan donor darah massal dalam rangka peringatan HUT Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional merupakan wujud bakti PMI kepada masyarakat, sudah sejak lama Palang Merah Indonesia berada dalam masyarakat dan bangsa Indonesia, masyarakat diharapkan memiliki rasa “memiliki” Palang Merah itu sendiri”, jelasnya. Selain dukungan secara personal, kegiatan ini dapat terwujud berkat dukungan dari pihak sponsor yang turut serta mendukung kegiatan ini, dukungan tersebut diberikan oleh PT. Frismed Hoslab, CV Citramed, PT. Enseval Medika Prima, PT. Marrykha Mitra Mustika, PT. Macro Inti Guna, Pt. Papros, RSU PKU Muhammadiyah Bantul, Bank Mandiri Syariah, Swalayan Purnama dan Swalayan WS.

Menurut Dedi S Personil TNI yang ikut dalam donor darah” PMI sudah bagus dan untuk dapat meneruskan kegiatannya, anggota KODIM  dan POLRES selalu aktif dalam kegiatan donor darah, serta rutin mendonorkan darah, dan selalu siap apabila dibutuhkan masyarakat akan kebutuhan darah”, tuturnya.

Dok. Foto : Deka Yuswanto, Anggota KSR PMI Kab. Bantul

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Ifiane Nurul H, Staf Pelayanan Sosial dan Kesehatan PMI Kabupaten Bantul Hp .0274 6810003

%d blogger menyukai ini: