Seleksi Calon Peserta JUMNAS VII

Bantul, Sabtu (28/5/11) Sebanyak 40 siswa, anggota Palang Merah Remaja se-Kabupaten Bantul berpartisipasi dalam seleksi calon Peserta Jumpa Bhakti Gembira Nasional (JUMNAS) Palang Merah Remaja. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini diikuti dengan antusias oleh peserta, peserta yang ikut dalam kegiatan ini merupakan perwakilan terbaik dari setiap sekolah yang memiliki unit PMR disekolahnya. Adapun yang ikut dalam kegiatan ini berasal dari tingkat Wira (SMA sederajat) dan tingkat Madya (SMP sederajat). Sedangkan untuk tingkat Mula (SD sederajat) diambilkan dari 2 unit sekolah yang memiliki kegiatan PMR di sekolah, melalui pemilihan terbaik di sekolah.

Materi yang diujikan dalam seleksi ini adalah 7 materi dasar Palang Merah Remaja, yaitu Kepalangmerahan, Pertolongan Pertama, Kebersihan dan Kesehatan, Kepemimpinan, Donor Darah, Pendidikan Remaja Sebaya dan Siaga Bencana. Dalam seleksi ini, peserta diharuskan melewati serangkaian kegiatan, yaitu uji tulis, praktek dan tes bakat minat. Dalam uji tulis yang terdiri dari 100 soal cek point, dilaksanakan di lantai 3 gedung Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bantul, untuk materi praktek dilaksanakan di sekitar Markas PMI kabupaten Bantul dengan materi yang diujikan adalah Pertolongan Pertama, sedangkan untuk tes bakat minat dilakukan di Gedung PMI Kabupaten Bantul. Dalam tes bakat minat yang dilakukan peserta menampilkan berbagai keahlian yang dimiliki, mulai dari pidato bahasa arab, menyanyi, pantomim, mocopat (kesenian jawa) dan berbagai keahlian lain.

Pengumuman hasil seleksi ini akan diumumkan pada tanggal 1 Juni 2011, adapun peserta yang lolos seleksi peserta ini akan mewakil PMI Kabupaten Bantul, dan akan bergabung dengan kontingan PMI Provinsi DI. Yogyakarta. Sehingga hasil terbaiklah yang akan dikirimkan nantinya. Ketua Panitia Seleksi Calon Peserta JUMNAS PMI Kab. Bantul, Wahyu Nurwasi Rofiah S, “seleksi ini merupakan tahap awal bangkitnya Palang Merah Remaja di wilayah naungan PMI Kabupaten Bantul, kedepannya akan diaktifkan kembali Unit 1 PMR PMI Kabupaten Bantul dalam FORPIS (Forum Palang Merah Remaja) yang tentunya akan sangat bermanfaat dalam pengembangan generasi muda”, jelasnya.

 

Dok Foto : Aka, Staf Infokom PMI Kabupaten Bantul

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Wahyu Nurwasi RS, Ketua Panitia Seleksi Calon Peserta JUMNAS PMI Kabupaten Bantul Hp .0818521775

%d blogger menyukai ini: