Jumbara Nasional Ke-7 Kembangkan Karakter Generasi Penerus Bangsa

PMI kembali melangsungkan kegiatan yang diperuntukkan bagi anggota Palang Merah Remaja (PMR) yaitu JUMBARA atau Jumpa Bakti Gembira. Kali ini JUMBARA Nasional PMR VII diselenggarakan di Bumi Perkemahan Limboto Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo selama 7 hari sejak tanggal 4-10 Juli 2011. Jumbara Nasional ini akan diikuti oleh 2.500 anggota PMR usia antara 10-18 tahun dari 32 provinsi se-Indonesia dan 35 orang dari 12 negara perwakilan perhimpunan palang merah dan bulan sabit merah internasional. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan ketrampilan di bidang kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana. Dengan tema “Ceria, Cerdas dan Bersahabat, Jumbara menjadi sarana untuk mendidik, membina sekaligus mengembangkan PMR agar lebih terampil, kreatif, berkarakter dan memiliki jiwa kepemimpinan.

“Dalam pertemuan akbar lima tahunan ini, para anggota PMR dari berbagai daerah atau kontingen akan saling berkompetisi secara sehat dalam berbagai kegiatan kepalangmerahan seperti pertolongan pertama, kesehatan remaja sampai kesiapsiagaan bencana,” kata Muhammad Muas, Pengurus Bidang PMR dan Relawan Markas Pusat PMI dalam konferensi pers Jumbara Nasional ke-7 di Markas Pusat PMI, Jakarta, Kamis (23/6/2011).

Dalam Jumbara Nasional ini akan terdapat 3(tiga) jenis kegiatan yang terdiri dari Jumpa (Traveling Kepalangmerahan, Kreasi Remaja, dan Lokakarya Penguatan Kapasitas) , Bakti (Penanaman Pohon, Bakti Sosial, Kegiatan Kesehatan dan Donor Darah), dan Gembira (Pentas Seni, Olahraga dan Teater). Salah satu kegiatan yang baru dilakukan di Jumbara Nasional kali ini adalah Pemilihan Putera Puteri Remaja PMI. Melalui pemilihan yang akan dinilai berdasarkan pada pengetahuan, perilaku, dan ketrampilan ini, diharapkan akan muncul sosok remaja dengan memiliki jiwa kepemimpinan.

Kegiatan lainnya adalah simulasi pendirian posko tanggap darurat dengan pemanfaatan tenaga surya, penyuluhan tentang lingkungan dan kesiapsiagaan bencana ke masyarakat desa, praktek kebersihan diri dan perawatan keluarga di sekolah-sekolah dan edu game.

Para peserta Jumbara Nasional ini merupakan PMR Mula (SD), PMR Madya (SMP), dan PMR Wira (SMA) dari kelas 6 SD hingga 2 SMA. Setiap daerah atau kontingen mengikutsertakan masing-masing enam peserta dari Mula, Madya hingga Wira. Selama Jumbara, mereka akan didampingi oleh pimpinan kontingen, para pembina PMR dan Pengurus Bidang PMR dan Relawan.

Pelaksanaan Jumbara Nasional ini adalah yang ketujuh kali sejak digelar pertama kali pada tahun 1981 di Ragunan Jakarta. Ketua Umum PMI Jusuf Kalla direncanakan akan membuka Jumbara Nasional PMR ke-7 ini. ”Melalui Jumbara diharapkan terbentuknya karakter PMR yang memiliki jiwa kepemimpinan sekaligus menjadi peer educator bagi sebayanya. Jumbara juga merupakan pembinaan generasi bangsa dalam membentuk karakter bangsa,” kata Muhammad Muas.*

(Dok. Foto Oleh Indra Yogasara, Humas PMI Pusat)

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: MR Aswi Reksaningtyas, Kepala Divisi PMR dan Relawan, Hp.                0811 918 034         Kontak Media: Aulia Arriani, Hp.                0816 795 379

http://pmi.or.id/ina/news/?act=detail&p_id=748

%d blogger menyukai ini: